Home Page

Wireless N Access Point Sering Hang Putus Nyambung

Pada kasus kali ini sesuai dengan pengalaman yang sudah pernah kami alami dalam pemasangan jaringan instalasi wireless, wifi dan accsess point, terkadang ada beberapa masalah yang sering kita jumpai dan masalah tersebut terkadang dalam waktu beberapa jam koneksi wireless terputus dengan main routher atau routher wifi utama. Dan juga terkadang wirelles tidak memancarkan sinyal wifinya. Hal ini ada beberapa faktor penting yang harus kita perhatikan, yang di antaranya adalah sbb :

1. Kita harus periksa tegangan atau daya listrik yang ada di tempat kita apakah dalam keadaan stabil, dalam artian tegangan listrik yang kita pakai tidak naik turun bahkan drop sampai terkadang turun hingga di bawah tegangan batas toleransi yaitu 180Va. Menyikapi hal tersebut alangkah baiknya kita mengambil sumber tegangan dari Stavolt ataupun UPS ( Uninteruptible Power Supply ) supaya tegangan listrik yang kita dapatkan untuk power supply atau adaptor peralatan Wireless dan Access Point stabil.

2. Catu daya yang kita pakai untuk peralatan Wireless dan Access Point tersebut tentunya harus juga memadai. Artinya tangguh dalam memberikan supplay tegangan volt DC secara stabil. Dalam hal ini Ampere power supply harus mencukupi bahkan sebisa mungkin bisa lebih. Sebab sistem kerja Wireless N Access Point tersebut pada saat dia bekerja hanya sekedar menerima sinyal tanpa memancarkan lagi, maka catu daya tidak membutuhkan beban yang tinggi. Akan tetapi bila pada saat Wireless N Access Point tersebut memancarkan sinyal wifi maka catu daya akan membutuhkan daya dan sumber tegangan yang berat dan stabil. Dari uji kasus seperti ini kami mencoba dengan memanfaatkan power supply CPU yang kemudian kami modifikasi sedikit untuk catu daya dan sumber tegangan peralatan Wireless N Access Point yang kita pakai. Sebab di power supply CPU kita bisa manfaatkan beberapa sumber tegangan yang di hasilkan, yaitu kita bisa pakai tegangan 12 volt yang biasanya berwarna hitam dan kuning atau juga kita bisa pakai tegangan 5 volt yang biasanya terdapat pada warna hitam dan merah.

3. Dari kedua uraian permasalahan tersebut di atas, yang juga harus kita perhatikan adalah tata letak atau penempatan peralatan Wireless N Access Point tersebut. Tentunya peralatan ini sangat peka terhadap suhu di sekitarnya. Mana kala dia bekerja pada suhu ruangan yang panas maka masalah disconnect atau sering putusnya sinyal wifi akan kita alami dan terkadang peralatan tersbut sering mengalami Hang. Maka tempatkanlah peralatan tersebut di ruangan yang bersuhu lembab atau tidak pengap. Nah untuk solusi tersebut kita juga bisa memanfaatkan power supply yang sudah kita pakai sebelumnya untuk catu daya atau sumber tegangan peralatan Wireless N Access Point tadi. Kita bisa memakai fan yang terdapat di power supply CPU tadi atau juga menambahkan Fan kecil atau Fan CPU untuk pendinginan peralatan Wireless N Access Point kita, dengan harapan supaya suhu udara panas bisa sedikit terkontrol yang sehingga panas yang di hasilkan dari peralatan tersebut sedikit teratasi.

Demikian sharing kali ini tentang jaringan instalasi wifi, Wireless dan Access Point semoga bermanfaat.

 
 
www.malangkomputer.com © Copyright 2010 MALANGKOMPUTER | Email : info@malangkomputer.com
Malang Komputer - Online Toko Komputer di Malang located at Kota Malang , Jawa Timur, Indonesia . Reviewed by 1089251 customers rated: 5 / 5